Tebing Keraton: Cara Kesana Dan Pemandangan Sorenya

BONJOUR! – Siapa bilang di Bandung ga punya wisata tebing? Kalau bukit emang banyak 😀 Nah buat kalian wajib tau nih, apalagi warga Bandung, sekarang ini di Bandung ada tebing yang cukup tinggi dan spektakuler, namanya Tebing Keraton. Wih! dari namanya kayak mistis-mistis gitu, ntar ngilang lagi pas disana? hahaha Gak kok, ga seserem itu juga dan bukan daerah mistis menurut gue, ya paling cerita-cerita warga daerah sih ada, ga perlu diseriusin asal sopan aja disana dan ga mengganggu 😀

Sunset Tebing Keraton Bandung

Jalan-Jalan Ke Tebing Keraton Di Dago, Bandung

Tempat wisata baru di Bandung yang satu ini baru muncul sekitar bulan Mei 2014. Dan founder dari tebing keraton ini namanya Pak Asep. Kalau kalian kesana, kalian bakal tau asal muasal tebing ini, disana ada papan informasi mengenai cikal bakal Tebing Keraton 😎

Hutan Tebing Keraton Dago

Arti Nama Dan Ketinggian

Banyak yang bilang ini ‘Tebing Keraton‘, padahal nama aslinya sunda abis loh, ‘Tebing Karaton’ yang artinya itu Kemegahan Alam menurut papan informasi yang gue baca disana.

Ketinggian Tebing Keraton yang berada tepat di daerah Dago Pakar ini sekitar 1200 mdpl, lumayan banget buat ngeliat pemandangan hutan dari atas. Penasaran sama gimana awesomenya tebing keraton? Oke gue share foto-foto dan ulasan waktu bertandang ke Tebing Keraton, Review, Rute Jalan sama koordinat Google Mapsnya.

Pemandangan Tebing Keraton

Pemandangan

Disini kalian bakal nemuin view dari ketinggian Bandung yang beda dari biasanya, kalau di Bukit Bintang, Moko dan sebagainya kalian bisa ngeliat lampu kota yang keren di malam hari, nah kalau disini beda banget. Disini kalian di cekokin sama pemandangan hutannya Taman Hutan Ir. H. Juanda dari ketinggian. Pokoknya sejuk banget, ngeliat pemandangan yang serba ijo kaya duit 20rb-an gitu 😀 Gue saranin coba dateng pas sunrise maupun sunset, Beuh! Kalian bisa dapetin foto yang keren-keren.

Suasana Tebing Keraton

Tips & Biaya Masuk

Sekedar tips buat kalian yang mau kesini sih usahain bawa jaket, sama sepatu. Soalnya hawa disini cukup dingin apalagi pagi hari dan hati-hati juga tempat berpijak di tebing ini pasir kering gitu, jadi cukup licin. Kan bisa wasallam kalau kepeleset dikit 😀 apalagi pengamanan disini belum terlalu bagus, cuma di pasang bambu-bambu. Ya mungkin karena baru, intinya walaupun nyali kalian gede tetep berhati-hati lah. Jangan bawa anak-anak lebih baik, apalagi di lepas berkeliaran 😛 Sekarang Tebing Keraton ini udah lumayan rame daripada awal-awal Mei-Agustus, jadi agak berdesak-desakan di ujung tebing. Terus sekarang juga udah ada biaya masuknya yaitu Rp 11.000/orang, itu udah termasuk asuransi tapi belum parkir, untuk motor Rp 5.000 untuk mobil Rp 10.000. Usahakan perhatiin kondisi rem kendaraan jangan sampai blong, bukan masalah pas naek aja, pas turun juga nungkik abis kayak tendangan tsubasa, rencana mau pulang terus share pengalaman dari Tebing Keraton, apa lacur malah loncat dari tebing lainnya pas turunan, gak mau kan? 🙂 Dan jangan lupa, bensin. Iya disini bukan jalan raya yang tiap berapa kilo ada akang bensin jualan.

Pengunjung Tebing Keraton

Rute Jalan Ke Tebing Keraton

Banyak yang nanya, cara ke tebing keraton ini gimana? mobil bisa masuk? Jalananya gimana? Oke gue jawab satu-satu. Sebenernya ga terlalu susah nemuin ini Tebing, gue kesini tanpa bawa peta, tanpa nanya-nanya di jalan. Traveler sejati 😛

Rute Jalannya ke Tebing Keraton:

  1. Kalian harus temuin Tahura atau yang dikenal Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, itu letaknya ada di Dago Pakar. Pokoknya ke arah dago atas, cari plang tulisan Dago Pakar/Bukit Pakar, ikutin terus nanti kalian bakal temuin gapura Taman Hutan Raya dibagian kiri.
  2. Udah sampe Tahura? Lurus terus, ikutin feeling. Sampe deh.

Penjelasannya ga guna ya? 😀 hahaha cuma perasaan. Lagian gue emang kesananya gitu doang, cuma ikutin jalan gede dan seinget gue jalanannya ga becabang-cabang. Buat pastinya kalian bisa ikutin Koordinat Alamat Di Google Maps-6.8351800, 107.6634118

Tapi kalian kalau bingung ga usah malu-malu nanya sama warga sekitar, dijawab ramah dan pasti dikasih jalan yang lurus. Buat mobil juga masuk kok, cuma ada beberapa pengkolan yang cuma bisa dilewatin satu mobil, jadi agak ribet kalau papasan sama mobil depan. Gue saranin pake motor dan gue rasa itu lebih bijak. Selain lebih cepet, gak mau ribet juga kan pas disana? Satu lagi, kalau bawa motor kurangi bawa beban berat soalnya agak curam tanjakannya. Motor matic gue aja gak kuat, penumpang mesti diturunin dulu 🙁

Lokasi Tebing Keraton

Jalanannya

Kalau dari Tahura itu kira-kira perjalanan ke atas sekitar 3,5km, deket sih cuma jalanannya itu bikin speachless. Udah aspal cuma lumayan rusak, bayangin aja aspal rusak feat jalanan yang naik banget. Intinya kalau mau kesana ikutin jalan gede, ikutin plang Dago Pakar/Bukit Pakar, ketemu rumah-rumah gede dan bakal muncul plang Tebing Keraton, plang khusus Tebing Keraton ini cukup kecil sih, kayaknya buatan warga jadi kalian harus jeli. Tapi mungkin udah diperbaiki sejalan sama makin banyaknya orang dateng kesana.

Oke cukup sekian yang bisa gue share sekarang. Meskipun jalanannya sukses bikin pantat gue emosi, tapi dijamin ga akan nyesel berkunjung kesana. Saran buat kalian semua yang mau ke Tebing Keraton tolong pelihara lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, jangan pecicilan waktu di ujung tebing, ya kalau mau nyawa kalian cuma dibayar Rp 20.000.000 sama pihak asuransi sih silahkan, dan sopan. Oh ya kalau gue perhatiin di Tebing Keraton kebanyakan anak muda yang dateng, sepertinya buat wisata keluarga juga kurang pas hehe.

Perjalanan yang cukup berliku dan turun naik bakal terbayarkan sama pemandangan yang chakeeep, oh ya jangan dateng kesini lebih dari jam 6PM, soalnya udah tutup dan ngapain juga ngeliatin hutan yang ga ada lampunya malem malem? Akhir kata, Selamat jalan-jalan bro!

148 Comments

  1. Aisya
    • Lisa
  2. Sherlock
  3. ellisa
    • Sherlock
  4. Ramuzie
    • Sherlock
    • Wawan
  5. andy
    • Sherlock
  6. atna
  7. Tina
    • BonjourBag.com
  8. atenk
    • BonjourBag.com
  9. yuniza
    • BonjourBag.com
  10. Fahmi
  11. Defitrah
    • BonjourBag.com
  12. nuc
    • BonjourBag.com
  13. japra
    • BonjourBag.com
  14. Ulul
    • BonjourBag.com
  15. Ulul
    • BonjourBag.com
  16. Mikhael
    • Sherlock
  17. henny
    • BonjourBag.com
  18. etik
    • BonjourBag.com
  19. emma nurjanah ramadhan
    • BonjourBag.com
  20. angga
    • BonjourBag.com
    • wiwid
  21. ugii
    • BonjourBag.com
  22. ryan
    • BonjourBag.com
  23. biya
    • BonjourBag.com
  24. d.El
    • BonjourBag.com
  25. femi
    • BonjourBag.com
  26. Luthfi F
    • BonjourBag.com
  27. dika
    • BonjourBag.com
  28. Ervina
    • BonjourBag.com
    • you
  29. beni
  30. Billal
    • BonjourBag.com
  31. fauzi
    • BonjourBag.com
  32. Shanice
  33. rini anggraeni
    • BonjourBag.com
  34. Sari
  35. herii
  36. Rey
    • Ezha Ari P
  37. Ezha Ari P
    • BonjourBag.com
    • vheboll
  38. Kang Mus
    • DP
  39. Zube
  40. saskia
    • BonjourBag.com
  41. Ria
  42. Sandy
    • BonjourBag.com
    • Maureenanda
    • aroel
    • Bonjour Bag
    • Brasco
  43. novi
    • BonjourBag.com
  44. fitri
  45. Aini
    • DP
  46. LiburMulu
  47. arya
    • ikafnursani
    • ekky
  48. Tasya Leksono
    • Daffa
  49. didi
    • irfan
  50. Hujan
  51. fajarsaurus
    • Bonjour Bag
    • yudha
    • gusti
    • Cay
    • putri
    • RINI NILA ANCE YULIANA
    • Syahrul
  52. ary whandy
  53. Hendry
    • Hany priagung
    • rika aryanti
    • rinna
    • eka
    • Brasco
  54. Rina herliana
    • gungun gunawan
    • ali riyadi
    • ali riyadi
  55. yosuajp
  56. puji
  57. Endang Apriyani
    • eka
    • Mamangvilla
  58. Devit
    • Mamangvilla
    • Roy
    • agus
    • Brasco
  59. Renno
    • Brasco
  60. diq -iqiw
    • Desy
  61. Nugraha Fauzi
  62. Ayyuni
    • Andriy bj
  63. fajar nurulloh
  64. Anggita Lestari
  65. desi rahma Putri
  66. Syarif
  67. Maryani
  68. mery
    • Bonjour Bag
  69. yansen
  70. liza aziziah
    • Riri
  71. Riri
  72. Dewi

Leave a Reply